Latest Music :
Home » »

Selasa, 25 Februari 2014 | 0 komentar

Mempertanyakan Kemurnian dan Kejujuran Acara Orang-orang Pinggiran di Trans7

OPINI | 05 May 2012 | 08:06 Dibaca: 11430   Komentar: 86   12
13361610651015874087
(sumber : adhietokekx.blogspot.com)
Akhirnya tak tahan juga saya untuk tak menuliskan tentang ini, setelah Jumat pagi kemarin, saat pertama kali membuka laman Kompasiana, saya dikejutkan dengan sebuah judul tulisan yang bercokol di kolom TEREKOMENDASI. Untuk memuaskan rasa penasaran saya, langsung saja saya click tulisan berjudul Kisah Siti Gadis Kecil Penjual Bakso, diposting anggal 03 Mei 2012, jam 20.03. Sudah ada beberapa komentar yang masuk, umumnya menyatakan tulisan itu sudah pernah saya ulas. Belum satupun komentar yang dibalas penulisnya.
Tulisan itu memang mirip dengan tulisan saya, sama-sama diposting di kanal Berita, rubrik Sosok, hanya saja penulisnya, Miftahul Jannah, mengkategorikan tulisannya sebagai “Opini”, sedangkan saya menyebut tulisan saya “Reportase. Ya, sebab saya hanya mereportasekan apa yang saya tonton di acara Orang-Orang Pinggiran (OOP) yang ditayangkan Trans7. Foto yang saya posting pun diunduh dari situs Facebook OOP dan saya sebutkan link-nya. Sementara Miftahul Jannah tidak sepatah kata pun menuliskan sumber berita maupun gambar. Hal ini akhirnya membuat saya tergerak untuk menuliskan komentar yangbersifat klarifikasi atas kebenaran tulisan basi tersebut – yang relevan jika ditulis 2 bulan lalu, tapi sudah berbeda faktanya jika diposting sekarang.
Pasca komentar saya, banyak Kompasianer lain yang ikut membalas komentar saya. Di inbox pun saya dapati seorang donatur pembaca Kompasiana yang mukim di Belanda, mempertanyakan soal itu kepada saya, kenapa masih ada tulisan serupa, padahal katanya sudah banyak bantuan. Jam 4 sore, barulah pemilik lapak membalas komentar saya dan Kompasianer lainnya, cukup dengan 1 alasan : dia mendapat tugas untuk membuat tulisan opini dan tulisan tentang Siti itu adalah tugasnya, yang dibuat setelah nonton tayangan OOP di Trans7.
Masalahnya, kalau sekedar tugas, kenapa harus diposting di Kompasiana? Lagipula, acara OOP episode Siti Penjual Bakso ini sudah tayang 2 bulan lalu, tiap hari selalu ada episode lain, kenapa yang dijadikan obyek pengerjaan tugasnya justru episode lama? Baru saja saya temui fakta, beberapa Kompasianer yang berkomentar di situ dan tidak mempersoalkan tulisan basi itu, ternyata memiliki tanggal gabung di Kompasiana yang sama atau hampir sama, yaitu 19 dan 20 April 2012 kemarin. Bisa jadi ini hanya kebetulan belaka.
Tapi yang sangat saya sesalkan : Admin memilih tulisan itu menjadi Terekomendasi, sementara penulis sama sekali tak menyebut nara sumber berita dan konten gambar yang dimuat pun tak disebutkan dari mana. Bagaimana yang seperti ini bisa lolos? Padahal, kalau saya memposting gambar dengan penyebutan alamat sumber yang kurang lengkap saja, pasti langsung diberangus oleh Admin. Sekarang tampaknya sudah di-edit, tapi link sumber yang disebut pun bukan situs FB OOP Trans7 melainkan sebuah blog. Jadi, apakah penulis menulis kembali tulisan orang lain?
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Manda sonia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger